Minggu, 13 November 2011

entah ILHAM atau WANGSIT

Entah ilham atau wangsit, beberapa hari sebelum postingan ini nongol, di otak ane sekelebat terlintas pertanyaan "ngape gak nulis aje ye?". Ya.... ane sebut ilham atau wangsit, karna emang tuh pikiran nongolnye ujug-ujug, kgak ada alasan pasti yang membuat ane harus bener-bener nulis. Bener-bener UJUG-UJUG. Sebelum ilham atau wangsit itu hadir dalam hidup ane (bahasa lebai dimulai...:D) ada beberapa orang yang menyarankan ane untuk nulis, tapi gak ane gubris. Sarannya lewat begitu saja bagai angin lalu.. (ahaaay...). Sampai akhirnya ilham atau wangsit ini muncul pun, gak langsung ane tanggepin. Ada beberapa kejadian yang membuat ilham atau wangsit ini benar2 membuat ane terpengaruh. Mau tau apa aja kejadiannya?

Pertama. Di suatu malam selepas ujan deres, ane masih berkutat di depan PC dengan koneksi internet yang masih nyala. Tiba2 nongol chat dari salah satu temen kampus ane. Mulailah terlibat percakapan sama doi. Sebut saja namanya "Ipeh". Ane lupa redaksionalnya, tapi kira2 begini.

Ipeh: Lagi apa bib?
Ane: lagi nyari kosep buku.
==> sebelum kalian ber GEER ria, serasa bahwa kalian sedang membaca blog penulis ternama. Maka perkenankan ane menjelaskan kegiatan yang ane maksud di kalimat "nyari konsep buku". Bahwa, ane hanya pengusul tema yang sedang "in" yang selanjutnya akan di serahkan pada "penulis sesungguhnya" untuk dieksplore. Nah sepertinya temen ane ini salah memahami maksud kalimat tersebut, terlihat dari percakapan selanjutnya..simak baik2..
Ipeh: "nt bikin buku, bib?"
==>ane sih menilainya ini ekspresi kaget... :D wallahu'alam 

Ane: bukan..
  • Ipeh: Wah lagi pada semangat nulis ya...
    ==> eeeet.... masih aje.... -..-" Tapi...mulai di kalimat ini, ane mulai mikir.. "yg laen udeh pada semangat nulis, ane masih begini2 aje", masih DABLEG :p

    Kedua. Pagi harinya, sebelom ane grabak-grubuk pergi ke kantor. Tiba2 badan ane nyangkut di depan tipi layar cembung yang mejeng di ruang keluarga ruamh ane. Ada "sesuatu" yang menarik perhatian ane (bukan syahrini lho ya..). Sebuah program di TR*NS TV, nama programnya RIWAY*T. Kalo diliat2 modelnya sama kyak Bi*graphy nya METR* TV. Sebuah program yang menampilkan biografi atau riwayat orang2 berpengaruh. Nah.. hari itu kebetulan lagi nyeritain CHE GUEVARA. Dan dalam pnjelasannya, diceritakan bahwa si Che ini setelah lulus dari kuliahnya, ia memutuskan untuk melakukan perjalanan keliling Amerika Serikat dengan motornya. Dalam masa perjalanannya, ia menemukan banyak rakyat yang menderita akibat kebijakan pemerintah ketika itu. Untuk mendokumentasikan perjalanannya, ia menulis pengalamannya berkeliling pada sebuah buku diary. Yang selanjutnya, tulisannya itu dijadikan buku yang berjudul The Motorcycle Diaries. Gak cuma itu, saat ia bergabung dengan Fidel Castro, Che ditugaskan menjadi salah satu komandan perang, nah... yang keren adalah, doi tetep ngelanjutin nulis pengalamannya ditengah keriweuhan itu.
    Beuuuh.... makin jadi dah... rasa males ane mulai terkikis.

    Ketiga. Siang harinya di kantor. Terlibat obrolan dengan rekan kerja. Padahal topik pertama sih bukan tentang kepenulisan.. tapi di tengah obrolan , "iya bib, kalo bisa iseng2 nulis kan lumayan, iseng-iseng berhadiah. Mumpung lagi di penerbitan...." lalu dengan mimik serius, doi lanjutin omongannya "kalo diliat-liat, ente kyaknya bisa nulis". Aiiih.... itu yg JLEB banget. Tanya kenapa??? Karna itu dia permasalahannya, kepercayaan orang2 disekitar ane, gak berbanding lurus sama keyakinan ane sendiri. Selama ini ane gak yakin ane bisa nulis. Pasalnya setiap kali ane mulai nulis (apalagi pembahasan yang panjang) itu jadinye ngalor-ngidul! haha...

    Tapi tunggu dlu, ceritanya gak berenti sampe sini. Paaas banget, setelah selesain ngobrol2 ane kan nge googling, tau2 nyasar ke blog ini http://adindasyiefa.blogspot.com/2011/08/tips-menulis-by-ust-salim-fillah.html. Aiih......bahasanya ust. Salim tuh sedaaaap... bikin semangat ane makin melesat!

    Hei!!! semua itu cerita biasa...
    tapi ane terharu, setelah nyadar semua kejadian biasa itu terjadi berturut2, dalam waktu yang bedekatan!
    Mulai dari Ilham atau wangsit sampe motivasinye ust. Salim. Seakan-akan ada yang bener2 ngerencanain buat nyuruh ane nulis!!!
    So sweet gak sih??


    Untuk itulah, maka blog ini hadir bagi kemaslahatan bersama. Bagiku, bagimu dan bagi kita semua..
    Wallahu'alam bi shawab..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *